Delapan Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Pastikan tidak ada lagi suara bising, televisi yang menyala, dan jauhkan dari semua mainan yang dapat menstimulus anak untuk bangun dan bermain. Apabila terlalu panas, Anda bisa menggunakan AC atau kipas angin agar anak bisa tidur. Jangan lupa juga untuk mematikan televisi yang ada di ruang tamu agar anak Anda tak terganggu. Menurut Sarmanah, sedikitnya eleven orang di Desa Gumayun terpapar Covid-19 seusai mengikuti pesta dalam rangka merayakan hari ulang tahun. Hingga Senin malam, pihaknya masih terus melakukan tes usap kepada beberapa orang yang bekontak erat dengan 11 orang tersebut. ”Kluster penularan di Kabupaten Tegal beragam, mulai dari kluster keluarga, kluster rumah tangga, kluster minimarket, kluster pemudik, dan kluster menjenguk orang sakit.

Perlu untuk tega melakukan ini agar ia memahami bahwa langit sudah gelap, pertanda semua orang harus tidur. Lain cerita bila ia terbangun karena ingin buang air kecil atau haus –kebutuhan ini harus dipenuhi segera. Cara menidurkan bayi yang ketiga, tenangkan bayi sampai mengantuk. Tenangkan bayi Anda hingga mengantuk mulai bayi berusia 6 hingga 12 minggu. Saat dia hampir tidur, taruh dia dan biarkan dia tertidur sendiri.

Nah, Mama juga bisa menggunakan mom’s touch atau sentuhan ibu ini agar si kecil gampang tidur siang. Untuk itu, sebaiknya hentikan asupan kafein atau gula sejak 3-4 jam sebelum tidur siang. Ingat ya, Ma, kafein bukan hanya terkandung dalam kopi, tapi teh dan coklat juga memiliki kandungan kafein yang cukup untuk membuat si kecil terjaga.

Ada saja anak yang susah untuk tidur siang walaupun sebenarnya ia mengantuk. Seringkali, perubahan suhu udarapun bisa memengaruhi kualitas tidur bayi. Kalau ia berkeringat, buka atau lepaskan selimut serta baju luarnya.

Cara agar anak mau tidur siang

Di sini, sebisa mungkin Anda harus bernarasi yang bisa membuat anak Anda mengantuk. Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengajaknya bermain – sebagaigimmick –dengan aksesoris atau mainan yang dapat dianggapnya sebagai teman tidur atau teman pelindung. Setelah mengatur cahaya penerangan di kamar, jangan lupa pula untuk memeriksa suhu ruangan di kamar. Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Bagi yang masih melakukan aktivitas tidur siang, lakukan tidur siang dengan tidak berlebihan hingga sore hari. Dilansir Raising Children, rutinitas tidur mendorong pola tidur yang baik. Pastikan untuk membuat rutinitas tidur dengan waktu yang sama setiap hari. Salah satu alasan anak tidak mau tidur siang adalah kesibukannya yang kurang padat di pagi hari. Anak yang mengisi waktu paginya hanya untuk bermain sport online, menonton tv, atau sekedar bermain gadget akan lebih sulit diajak tidur. Hal ini karena mereka belum menggunakan banyak energinya sehingga tidak merasa lelah.