Berapa Dosis Vitamin D Yang Harus Diminum Agar Manfaatnya Optimal?

Seperti Vitamin D atau yang sering kita sebut juga dengan nama kalsiferol vitamin initergolong kedalam grup Vitamin yang larut dalam lemak prohormon, Seperti Vitamin A dan Vitamin B. Dosis ini bisa dibilang berada di tengah-tengah sehingga tidak kurang maupun kelebihan terutama bagi orang dewasa. Ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsi suplemen dengan jumlah ini sebagai vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil. Untuk bayi berusia zero sampai 12 bulan atau 1 tahun, jumlah vitamin D yang dibutuhkan adalah 400 IU per hari .

Vitamin D berperan penting dalam mengatur pertumbuhan sel dan interaksi antar sel. Salah satu bentuk vitamin D yang bernama kalsitriol dapat menghambat perkembangan kanker dengan menghambat pertumbuhan angiogenesis. Berbicara mengenai vitamin D3, belakangan ini ramai mengenai vitamin D IU. Lantas apa manfaat dari vitamin D3 5000IU?

Mulai dari mengatur kadar kalsium, sampai mencegah sejumlah penyakit serius. Vitamin D terlibat dalam penyerapan kalsium, fungsi kekebalan, serta melindungi kesehatan tulang, otot, dan jantung. Vitamin ini bisa Depo E-money diperoleh secara alami dalam makanan dan juga dapat diproduksi oleh tubuh saat kulit terkena sinar matahari. Vitamin D larut dalam lemak dan diperlukan untuk kesehatan tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh.

Mengapa penting untuk mengkonsumsi vitamin D

Selain didapat dari paparan sinar matahari, Anda juga bisa mendapatkannya melalui suplemen vitamin D. Untuk orang lanjut usia di atas 70 tahun, jumlah vitamin D yang dibutuhkan menjadi lebih banyak mengingat kondisi kesehatan tulang yang menurun. Dalam sehari, golongan lansia ini memerlukan 800 IU vitamin D yang akan sulit dipenuhi hanya dengan makan daging, telur maupun susu. Itulah sebabnya orang lanjut usia sangat membutuhkan suplemen tambahan dengan kandungan vitamin D.

Karena hanya sedikit ditemukan pada makanan, manusia punya cara unik untuk mendapatkan vitamin D. Risiko peningkatan kekurangan vitamin D tidak hanya terjadi pada mereka yang terjebak pada mitos atau mereka yang jarang “bertemu” matahari. Risiko kekurangan vitamin D juga terjadi pada mereka yang lanjut usia, bayi yang lahir dari ibu yang mengalami kekurangan vitamin D, tinggal jauh dari khatulistiwa, serta memiliki kebiasaan makan yang buruk. Selain dapat membuat sendiri, tubuh kita mampu menyimpan vitamin D dalam jaringan lemak.

Selama ini orang mungkin sudah paham bahwa lemak sangat penting untuk kesehatan, seperti halnya nutrisi lainnya. Jadi, untuk mengganti kadar vitamin D yang rendah, orang tidak boleh melewatkan lemak esensial. Ahli gizi menyarankan untuk menambahkan cukup kelapa, mentega putih, minyak yang disaring, juga jangan menambahkan susu, yogurt, dan produk lain versi rendah lemak atau bebas lemak. Mineralisasi tulang yang buruk pada neonatus dan anak-anak dapat juga disebabkan asupan fosfat atau kalsium yang tidak memadai terutama pada pemberian nutrisi parenteral jangka panjang. Suplementasi dengan fosfat (bab 9.5) atau kalsium (bab 9.5) mungkin diperlukan.