Saat Anak Tidak Mau Mendengarkan Perkataan Orang Tua, Apa Yang Harus Dilakukan?

Dua bulan setelah menikah, akibat tidak tahan menerima kekejaman suaminya, Nujood melarikan diri. 15 April 2008, pengadilan Yaman memberikan hak pada Nujood Ali, yang saat itu berusia 10 tahun, untuk bercerai. Kasus perceraian ini menjadi awal dari gerakan melawan pernikahan paksa dan pernikahan anak di Yaman.

Tiba di rumah anak malah menjadi sumber meledaknya emosi orangtua karena mereka tidak mau melakukan atau mendengarkan orangtua. Bukanya orangtua bisa lebih rileks tapi bisa marah-marah karena anak tidak mau mendengarkan orangtua. Saat orangtua menatap mata anak, ia pun akan melihat bahwa orangtua mereka memberi perhatian, bukan amarah atau emosi negatif lainnya.

Anak sudah sulit diarahkan, mulai sibuk dengan dirinya sendiri, mulai mau membangkan, melawan dan efeknya orangtua bingung dan stres karena sikap anak yang mulai berubah derastis. “Sebagai orang tua tentu akan menginginkan yang terbaik untuk sang anak. Namun, jangan sampai kau melupakan kebahagiaan yang mereka inginkan.” Sangat penting bagi orang tua untuk memberikan perhatian yang lebih bagi anak sehingga tak terjadi hubungan yang renggang antar anak dengan orang tua.

Beritahukan pada lingkungan tentang kondisi anak, sehingga lingkungan bisa memahami dan membantu memperikan perlakuan yang baik dan merasa lebih nyaman. Kewajiban orang tua yang dimaksud dalam ayat pasal ini berlaku sampai anak itu kawin atau dapat berdiri sendiri, kewajiban mana berlaku terus meskipun perkawinan antara kedua orang tua putus. Menghindari hal-hal tersebut terjadi pada diri anak, orang tua perlu melatih diri untuk mengungkapkan amarah tidak dengan cara membentak.

Anggap saja saat Anda mengajarkan bahasa Inggris itu Anda sedang mengajarkan pelajaran lainnya. Belajar bahasa Inggris untuk anak hanya ditujukan agar anak siap untuk memahami bahasa lain selain bahasa Indonesia ketika ia mulai menginjak dewasa. Ini menjadi masalah jika anak sekolah di sekolah SD negeri atau sekolah yang tidak bertaraf internasional. Ada beberapa kekhawatiran ketika anak mulai diajarkan bahasa Inggris. Misalnya saja anak justru tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa ibu. Namun, sebenarnya ini bisa diantisipasi yaitu dengan cara mengajarkan bahasa Inggris sekedarnya saja.

Bisa jadi yang membuat anak tidak mau mendengar adalah karena cara kita menyampaikan kalimat atau nasihat kurang tepat. Sebagai contoh, anak akan susah patuh dan tidak mau mendengar bila orangtua menasihatinya sambil main ponsel. Kalau ingin anak benar-benar mendengarkan kita, maka kita juga perlu fokus benar-benar mengutarakan nasihat dan kata-kata kita dengan baik. Si Kecil tetap tidak mau menuruti Anda meskipun ia sudah dibujuk dan dihukum.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Anak dengan tipe hiperaktif ini tidak bisa dimarahi atau diberikan hukuman terus menerus, atau anak malah akan berontak dan tidak patuh. Anak hiperaktif membutuhkan perhatian yang lebih dan rasa kasih sayang yang lebih agar dia mau mendengarkan orang tuanya dan menuruti orang tua. Psikolog dari Universitas Padjadjaran Dian Ibung menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian, sepertiga dari korban kekerasan akan tumbuh menjadi pelaku. Padahal mendisiplinkan anak tidak perlu dilakukan dengan kekerasan.

Untuk itu, pastikan jangan pernah membentak anak di depan umum. Cukup berikan kepadanya penjelasan, atau bisa juga memberinya sepotong permen atau es krim untuk membuatnya tenang lalu jelaskan dengan bijak secara perlahan. Jenazah Adli dan Fajri disebutkan telah diserahkan ke pihak keluarga untuk disemayamkan di rumah duka Jalan Kakaktua, Kecamatan Mariso, Makassar. Derajat keparahan stage 1 membutuhkan dukungan, yaitu mengalami kesulitan dalam memulai komunikasi dan membuka pembicaraan jika tidak mendapatkan bantuan.