Muhammadiyah Minta Pulau Jawa Lockdown Selama 3 Pekan

Secara teori peran negara sah-sah saja dan bahkan bersifat meningkatkan efisiensi alokatif jikalau terjadi kegagalan pasar karena kasus-kasus luar biasa. Yang lebih spesifik adalah dalam menyalurkan produksi pertanian dari sentra-sentra produksi di pedesaan ke masyarakat terutama di perkotaan dan target-target pasar lainnya. Operasi pasar, melalui pembelian langsung produk-produk pertanian nampaknya bukan sesuatu yang diharamkan dalam kondisi seperti ini. Akan tetapi adanya stimulus fiskal dampak pandemi Covid sebesar 405 triliun rupiah yang sebagian didanai oleh defisit anggaran 5.07% dari PDB adalah salah satu sumber pembiayaan. Alokasi sebagian dari dana itu ke petani secara ekonomi dan ethical adalah sesuatu yang dapat dijustifikasi.

Tak hanya itu, tim satgas COVID-19 Grobogan juga melakukan penyekatan di sejumlah perbatasan Kabupaten Grobogan dengan kabupaten yang statusnya zona merah. JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan , Muhadjir Agen PAY4D Terpercaya Effendy mengungkapkan arahan terbaru Presiden Joko Widodo terkait strategi penanganan Covid-19 di Indonesia. Strategi terbaru itu yakni, dengan mewacanakan kebijakan karantina wilayah terbatas hingga tingkatan RT atau RW.

Jika ada yang kesulitan, ia meminta agar segera koordinasi dengan Pemprov Jateng. Seluruh daerah zona merah lanjut Ganjar harus menerapkan lockdown mikro itu. Dengan begitu, maka mobilitas warga bisa ditekan sehingga penanganan bisa optimum. Faktanya, pemerintah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat di Pulau Jawa-Bali pada Januari 2021 untuk mengendalikan Covid-19, bukanlockdown. Narasi tersebut beredar tak lama setelah pengumuman dari pemerintah soal pembatasan kegiatan masyarakat. Menurutnya, sejak awal mestinya Jokowi menyadari pembatasan kegiatan masyarakat tidak akan efektif menekan laju penularan Covid-19.

Pulau jawa dan sekitarnya sudah melakukan lock down wilayah selama 1 bulan

Terhitung sejak Sabtu, 31 Juli 2021, ada lebih dari three juta warga Queensland yang menjalani lockdown yang diberlakukan selama tiga hari. TEMPO.CO, Jakarta – Negara bagian New South Wales dan Queensland di Australia pada Minggu, 1 Agustus 2021, menghadapi kenaikan kasus varian Delta Covid-19. Jutaan masyarakat di kedua wilayah tersebut menjalani pengetatan aturan pencegahan penyebaran Covid-19 dan mendesak masyarakat agar jangan ragu untuk melakukan tes virus corona dan imunisasi Covid-19 demi mengerem penyebaran.

Daerah zona merah harus menutup tempat-tempat wisata, tempat keramaian dan menganjurkan ibadah di rumah saja. Pengetatan-pengetatan di seluruh daerah di Jateng khususnya yang masuk zona merah harus dilakukan. Ganjar mengatakan daerah zona merah di Jateng bertambah dari delapan menjadi thirteen daerah yakni Kudus, Demak, Pati, Grobogan, Jepara, Blora, Pekalongan, Kabupaten Semarang, Brebes, Tegal, Sragen, Wonogiri dan Kota Semarang. Mengizinkan tempat ibadah untuk dilaksanakan pengaturan pembatasan kapasitas sebesar 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Bagaimanapun juga, petani adalah salah satu profesi yang sering mengalami ketidakpastian, baik dari alam, seperti cuaca, maupun dari realisasi pasar. Krisis pandemi Covid-19 menambah sumber ketidakpastian di kalangan pelaku perekonomian termasuk petani. Pemimpin di pusat dan daerah perlu berdialog dengan petani dan pelaku pertanian lebih intensif untuk menggali permasalahan dari mulai hal-hal besar yang sifatnya struktural juga hal-hal mendetail di lapangan.