Kenali 7 Tanda Kamu Sudah Konsumsi Kafein Terlalu Banyak

“Makanan yang modern ini kan biasanya enak, tinggi natirum dari MSG dan pengawet, itu yang perlu dicermati. Kalau makanan yang alami tentunya aman, garam biasa jika natriumnya tidak tinggi juga boleh. Dan pencegahan osteoporosis ini harus dilakukan sejak muda,” ujar dr. Fiastuti. Lantas, bagaimana bisa kopi membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi? Seperti diungkapkan oleh drg Yahya Hidayat, antioksidan yang terkandung dalam kopi mampu meredam proses peradangan yang bisa merusak gusi dan tulang rahang. Biasanya konsumsi kafein akan dibatasi tidak lebih dari 200 miligram sehari.

Akan tetapi ingat, hal ini hanya jika perut atau saluran pencernaan lansia tersebut sehat. Pasalnya, kopi tanpa kafein dan kopi dengan kafein menyebabkan perut Agen PAY4D mulas. Kafein yang terkandung dalam kopi memang ampuh untuk meningkatkan kewaspadaan, sehingga bisa membuat seseorang lebih fokus dalam pekerjaannya.

Di sisi lain, dosis asupan kafein terlalu banyak dapat menimbulkan dampak negatif yang mengganggu produktivitas sehari-hari. Bahaya minum kopi untuk siklus tidur adalah membuat seseorang rentan mengalami insomnia. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding kafein pada kopi lainnya.

Mengapa tidak baik untuk mengkonsumsi kafein berlebih

Kafein dapat membantu Anda tetap terjaga di siang hari, namun hal itu dapat berdampak negatif pada kualitas dan kuantitas tidur Anda. Kurangi konsumsi kafein Anda pada sore hari untuk menghindari masalah tidur. Berikut ini merupakan efek samping dari konsumsi kafein yang berlebihan.

Di Indoneia, kopi hitam dikenal sebagai minuman yang dapat menaikkan degree energi sehingga akan menghilangkan kantuk sekaligus membuat bersemangat dalam melakukan aktivitas. Namun, ada pula yang mengungkapkan bahwa kopi hitam memiliki manfaat yang lebih dari itu. Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, batas aman kafein sehari adalah sekitar 400 miligram kafein. Berlebihan mengkonsumsi kafein bisa juga menyebabkan seseorang mengalami overdosis atau keracunan kafein. Gejala dari overdosis kafein dapat berupa halusinasi dan perasaan yang sangat bingung, mual dan muntah, diare, haus berlebihan, maupun sering buang air kecil.