Ingin Anak Anda Cerdas

Dilansir dari happyiestbaby, menurut Dr. Harvey Karp pediatri American Academy of Pediatrics, mendidik anak agar disiplin bisa dimulai dari usia 8 bulan. Tegas artinya Ibu selalu konsisten untuk menerapkan suatu peraturan apapun kondisinya. Ketegasan diperlukan dalam mematuhi peraturan yang ada, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Kompromikan hal ini dengan Ayah supaya tidak terjadi perbedaan dalam mendidik si Kecil yang akan membuatnya bingung. Meski anda memberikan perintah pada anak-anak atau pada saat anda benar-benar membutuhkan mereka, ini bukan berarti anda harus mengabaikan mereka dan tidak mendengarkan keluahannya.

Cara agar anak patuh

Anak hiperaktif bisa diakibatkan gangguan pada masa kehamilan akibat ibu stres, alergi, atau akibat komplikasi kehamilan lainnya. Namun anak hiperaktif juga bisa dari keturunan dari keluarga apabila sebelumnya ada anggota keluarga yang juga hiperaktif. Berhentilah memberikan toleransi pada anak-anak sewaktu aturan yang anda terapkan dilanggarnya. Semakin banyak toleransi yang anda berikan akan membuat anak lebih leluasa melanggar semua peraturan yang telah anda buat untuk mereka. Dengan begitu mereka akan cenderung menjadi pembangkang dan sulit diatur.

Masalah kesehatan mental bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal batas usia, termasuk anak-anak. Ibu perlu tahu kapan saat yang tepat untuk memberi perintah, nasihat, serta berbicara pada anak. Ada waktu yang perlu dihindari untuk memberi perintah pada anak, yaitu ketika ia sedang tantrum. Pada saat tantrum, si kecil tidak dapat mendengarkan perkataan dari siapapun, terlebih kalimat perintah. Nah, agar pembelajaran mengaji biar tidak tegang bisa diselingi dengan menyayikan lagu anak- anak.

Merujuk buku ‘Mendidik Buah Hati Ala Rasulullah’ karya Azizah Hefni, Nabi Muhammad SAW memiliki tujuh orang anak. Putra pertama beliau bernama Qasim, yang meninggal dunia saat berusia dua tahun lantaran sakit. Pada percakapan di atas, Ibu memang terkesan mendengarkan namun tidak membuat kontak mata dengan anak.

Cara mendidik anak yang keras kepala atau suka melawan tentu tidak mudah untuk setiap orangtua. Ketika misalnya anak malas mandi, anak susah makan, atau kabur dari kebiasaan tidur siang mungkin membuat orang tua meluapkan emosinya dengan marah-marah. Diperlukan kesabaran dan usaha serta kerja keras yang ekstra untuk terus mengajarkan dan mendidik mereka menjadi seseorang yang penurut dan patuh pada semua perintah baik yang diberikan orangtuanya. Justru sebaliknya, kekerasan akan membuat anak Anda semakin liar dan tidak takut dengan siapapun. Sifat remaja yang cenderung labil dan keras kepala membuat para orang tua kesulitan untuk menghadapinya. Berikut ini Jakmall.com akan membahas 10 cara menghadapi anak remaja yang keras kepala.

Selain itu, Anda juga bisa memberikannya hadiah tertentu untuk memperkuat perilaku positif si kecil. Perubahan anak menjadi keras kepala dan suka melawan, bisa jadi perilaku tersebut diakibatkan karena mereka melihat contoh yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya hati-hati jika bersikap di depan si kecil, karena anak-anak sangat mudah meniru orang di sekitarnya.

Ternyata cara kerja otak sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi seorang anak. Untuk dapat berfungsi dengan optimal, otak manusia membutuhkan dua macam asupan nutrisi utama yaitu glukosa dari karbohidrat dan juga protein. Glukosa dihasilkan oleh makanan berkarbohidrat seperti nasi atau ubi-ubian. Setelah diproses oleh tubuh, glukosa dibawa oleh darah ke otak dan menjadi bahan bakar otak anak.