Eleven Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Halaman All

Pada malam hari, Bumil disarankan untuk menghindari makanan pedas, berminyak, berlemak, dan asam. Selain itu, cukupi waktu istirahat dengan tidur malam lebih awal. Istirahat cukup penting bagi Bumil agar tetap bertenaga selama menjalani aktivitas. Jangan tidur siang setelah makan, karena bisa memperparah mual saat hamil. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keluhan ini juga bisa membuat Bumil sering muntah dan merasakan berkurangnya nafsu makan.

Cara mengatasi mual mual pada saat trisemester

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu lingkungan, terutama aroma yang kuat. Cobalah teh jahe, kunyah jahe, pengawet jahe, atau bir jahe yang dibuat dengan jahe asli. Simpan cracker di dekat tempat tidur, untuk dimakan sebelum bangun. Jadwalkan waktu untuk tidur siang sebagai cara untuk mengembalikan tingkat energi dan menghilangkan kelelahan.

Pada umumnya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan setiap 2-3 jam. Namun tetap pastikan, makanan yang Anda konsumsi bernutrisi agar kehamilan Anda tetap berjalan dengan sehat. Walaupun sedikit mengganggu rutinitas, morning sickness tidak sampai membuat Bunda merasa lemas. Mual dan muntah yang menyebabkan tubuh lemas hingga tidak kuat beraktvitas harus diwaspadai sebagai gejala hiperemesis gravidarum. Anda bisa mendapatkan vitamin B6 melalui konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, paprika, bayam, dan ubi jalar.

Menjelang jam makan siang, biasanya rasa mual karena morning illness sudah mulai menghilang. Meski begitu, bukan berarti Ibu bisa bebas mengonsumsi makanan apa pun tanpa kontrol. Ibu disarankan menghindari makanan pedas dan berlemak karena berisiko mengganggu kesehatan sistem pencernaan. Sebisa mungkin, patuhi hal ini ya, sebab menjaga kesehatan tubuh selama hamil juga merupakan salah satu bentuk persiapan untuk melahirkan. Cukup tambahkan potongan tipis jahe segar ke dalam air hangat atau teh.

Mual yang disertai muntah atau yang juga dikenal dengan istilah “morning sickness” merupakan hal yang regular untuk dialami para ibu yang sedang menanti kelahiran buah hatinya. Namun, biasanya gejala ini memiliki intensitas lebih tinggi di pagi hari, yang lalu mereda hingga di malam hari walaupun tak bisa dijadikan patokan yang pasti. Tetapi, Mommy perlu waspada saat mual dan muntah mencapai taraf mengganggu kegiatan sehari-hari. Padahal nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Berbagai information juga menunjukkan bahwa kombinasi kedua obat ini sangat efektif untuk mengurangi juga menghilangkan mual dan muntah. Kombinasi doxylamine dan suplemen vitamin B6 direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynaecologists sebagai cara mengatasi mual saat hamil. Saat hamil, Mommy diwajibkan untuk mengurangi segala bentuk aktivitas fisik yang bisa menguras tenaga secara berlebih. Jika ibu hamil kelelahan, hal ini akan kembali memunculkan rasa mual bahkan muntah. Mommy yang mengandung membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk membantu calon buah hati kesayangan dalam kandungan agar tumbuh sempurna. Oleh karena itu, jika ditambah dengan kegiatan yang memakan energi cukup banyak, otomatis akan menimbulkan rasa mual berlebih.

Orang-orang di sekitar Bunda mungkin tidak memperhatikan perubahan yang terjadi pada bentuk tubuh Bunda sekarang, namun pada minggu ke-12, kehamilan Bunda akan mulai terlihat. Di saat seperti ini, para calon ibunda biasanya akan menggunakannya momentum tersebut untuk memberitahukan kehamilan mereka kepada para kerabat dan sahabat-sahabatnya. Bisa jadi Anda merasa mual saat mencium wewangian tertentu, makanan, atau bahkan tanpa alasan yang jelas. Hindari makanan yang dapat memicu fuel seperti kol, nangka, makanan ferementasi, durian dan sawi hijau.

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan hiperemesis gravidarum. Mengutip dari Medical News Today, mual dan muntah bisa mempengaruhi 80 persen ibu hamil. Selain itu, wanita yang diketahui menggunakan alat kontrasepsi hormonal atau HRT, yakni terapi penggantian hormon yang mungkin memiliki gejala mirip dengan mual. Selain dengan cara yang alami, ada juga cara mengatasi mual saat hamil dengan pendekatan medis. Bisa dengan obat-obatan tertentu, konsumsi multivitamin, atau metode yang membutuhkan peran ahli. “Memakan sesuatu hal yang asam dapat membantu menghilangkan rasa mual saat hamil,” kata Michele Hakakha, dokter kandungan di Beverly Hills.