5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Mereka memiliki perut yang lebih kecil, jadi tidak perlu banyak waktu untuk membuat mereka kenyang. Umumnya, anak akan lebih cepat bosan, termasuk dalam hal makanan, terutama dari bentuknya. Sehingga, di sini Anda sebagai orang tua harus paham, dengan kondisi ini. Termasuk dengan rutinitas makan bersama keluarga sehingga waktu makan menjadi santai dan menyenangkan. Dengan makan bersama anak juga bisa melihat dan meniru kebiasaan makan anggota keluarga yang lain.

Karena itu, sebisa mungkin batasi camilan si kecil sebelum ia makan.Kurangi camilan yang mengandung karbohidrat agar ia tak merasa cepat kenyang. Namun sebenarnya, penolakan makan merupakan suatu hal yang wajar. Terlebih jika anak masih balita, karena ini merupakan proses dari tumbuh kembangnya. Biasanya, perilaku anak akan bergantung pada perilaku orang tua. Bahkan, dapat dikatakan bahwa anak merupakan peniru yang cukup andal terhadap tindakan orang-orang disekelilingnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan sedikit kreativitas pada hidangan yang membuat anak tertarik.

Karena vitamin dan suplemen penambah nafsu makan tidak bisa digunakan secara sembaramgan. Terlebih dahulu hari melalui konsultasi dari dokter untuk mengetahui dosis dan takaran yang di pakai. Baru kemudian, jika nafsu makan anak menurun secara drastis dan akut baru lakukan pemberian suplemen dan vitamin penambah nafsu makan. Jika anak Anda hanya tertarik dengan satu jenis makanan setelah makan maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah terus menawarkan makanan yang bervariasi dan sehat.

Saat anak sedang sakit dan tidak mau makan, Anda bisa memancing nafsu makan anak dengan memberikan makanan-makanan kesukaannya. Melansir dari Mayo Clinic, Anda dianjurkan untuk memberi anak makan sesuai jadwal. Jika anak Anda terlalu lelah, mungkin ia akan memilih untuk tidur dan menolak makan. Memberikan anak makanan dalam porsi besar saat dirinya sedang susah makan tentu membuat ia hanya bisa makan dalam porsi sedikit.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Ketiga, tidak pernah memaksa anaknya untuk mau makan saat itu juga. Jika ternyata anak masih belum mau makan, tunggulah sekitar 1 jam, kemudian suapi kembali. Hal seperti ini tidak apa-apa asalkan jam makannya tidak terganggu. Karena dengan masuknya zat makanan yang cukup nutrisi dapat berpengaruh pada kesehatan anak.

Sayur dan buah mengandung mineral dan juga vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat di dalamnya juga bisa membantu cegah konstipasi pada anak ataupun orang dewasa. Jakarta – Untuk memenuhi kebutuhan serat, anak-anak harus rajin konsumsi buah dan sayur.

Inilah yang membuat anak Anda sulit mengubah perilaku buruknya, sekalipun Anda sudah nyinyir memberikan nasihat. Program pikiran positif bisa dilakukan dengan mudah jika kita mampu menembus RAS dalam pikiran anak. Bisa didengarkan sembari anak bermain, belajar, sebelum tidur dan bangun tidur.

Cobalah untuk tidak terlalu khawatir jika anak Anda mengkonsumsi makanan lebih sedikit saat setiap kali makan. Yang paling penting adalah kualitas makanan yang ia asup, bukan kuantitasnya. Degan memiliki waktu bersantap yang konsisten, maka tubuh akan merekam hal tersebut dan sinyal lapar akan lebih mudah muncul bila waktu makan terlewat. Ditambah lagi, Anda akan mudah mengatur kapan waktu bersantap dan tidur sehingga tak ada lagi cerita si kecil tak mau makan karena ngantuk. Selain gangguan sensor, penyebab si kecil tak mau makan adalah terjadi gangguan motorik. Ciri-ciri anak dengan gangguan mengunyah adalah mereka tidak segera menelan makanan yang dimakan, dan malah didiamkan saja di dalam mulut.

Atur waktu pemberian yakni antara dua waktu makan dan bukan sesaat sebelum makan. Batasi pula pemberian jus, susu, dan minuman manis lain karena seringnya balita akan mudah kenyang dan tidak lagi tertarik untuk makan. Sebagai gambaran, untuk anak 6 – eight bulan, disarankan pemberian makan pendamping 2 x/hari dan ASI 6x/hari. Untuk anak usia 9 – 11 bulan disarankan four x pendamping ASI dan 4 x ASI. Dan untuk anak 12 bulan ke atas, disarankan pemberian 6 x pendamping ASI dan 2 x susu.

Ada 4 jenis vitamin untuk menambah nafsu makan dan nutrisi si kecil. Jajan sebelum makan bisa membuat perut anak merasa kenyang sebelum zat makanan masuk ke dalam tubuh. Latihlah anak agar selalu mengkonsumsi makanan sehat, walau itu jajanan atau makanan ringan lainnya.